Catatan : Kuliah Kerja Nyata (KKN) on Disasters

Posted by my name is Mirza on 03:01 PM, 15-Mar-14  •  Comments (6)

img00879-20140214-14321.jpg


wink.png

Assalamualaikum sobat sleepers,
udah lama bgt nih ga posting, jd kangen sama kegiatan blogging..

Gimana kabarnya kawan2 MWB, maafin nihh kalo admin jarang berkunjung sekarang,
Adminnya lg kuliah di semester pusing alias semester 6, udah mulai mikirin kkn,pkl dan judul skripsi. doain lancar2 yaa .. mrgreen

Mumpung sempat buka blog nih sekalian aku mau share pengalaman KKN yang barusan aja selesai beberapa hari lalu. sama sekalian share beberapa foto aja hhe.
sapa tau aja apa yg aku share ini bakal berguna buat yang sebentar lagi mau kkn juga.


Pengen tau kenapa judulnya KKN on Disasters/bencana ?
baca aja sampe selesai, mudah2 an bermanfaat dan menghibur kalian yang baca
. biggrin

Bagi adek2 yang belum ngerti nihh, KKN atau kepanjangannya Kuliah Kerja Nyata adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa,
jadi KKN yang ini bukan korupsi kolusi dan nepotisme looh mrgreen .

Dari kampus admin, yaitu UPN Veteran Jatim admin mendapatkan kelompok dengan nomor urut 07 dari kampus, yang beranggotakan 25 orang, 16 cewek, dan 9 cowok.
Setelah dilakukan pengocokan lokasi kkn, kelompok kami mendapatkan lokasi tepatnya di : desa Ngrimbi, dusun Mutersari, kecamatan Bareng, kabupaten Jombang, Jawa timur.

Yang sialnya beberapa hari sebelum keberangkatan kami kesana terjadi bencana longsor yang sempat menggemparkan media, tepat di dusun sebelah yaitu dusun kopen, gak main2 yang mati 14 meeenn !, seremm.
Saat kami survey kesana desa udah dipasang Police line dan banyak ambulan, jadi survey di undur beberapa hari kedepan.

Yaakkk kedatangan kkn kami di sambut bencana longsor saudara saudara...
emang di situ daerah dataran tinggi, selain banyak duren dan rambutan ,juga banyak tebing2, jadi kalo musim hujan gak berhenti2 pastinya rawan longsor.

longsormeenn.jpg

kopenlongsor.jpg

Dan setelah bencana mereda akhirnya kami memberangkatkan beberapa anggota laki2 atau pioner ke lokasi kkn,
6 orang, diantaranya yaitu aku dan 5 teman lainnya berangkat sehari sebelum hari H kkn dilaksanakan , tgl 9 februari kami ber 6 berangkat dengan menggunakan 5 motor, sedangkan teman2 kami lainnya menyusul besoknya yaitu 10 februari 2014 naik bus.

Alasan kami ber 6 berangkat sehari sebelum hari H adalah untuk menyiapkan hunian rumah kelompok kami yang nantinya kami tempati, karena rumah yang kami tempati itu sudah beberapa bulan kosong. jadi tugas kami ber 6 yaitu bersih2, nyapu, ngepel  frown.png -_-"


Akhirnya pada esok harinya bus teman2 yang lain tiba, dan seluruh team kkn 07 lengkap dan siap melaksanakan program kerja masing masing devisi.
Ada 5 devisi di kelompok kami ,yaitu ; Pendidikan (termasuk aku), Kesehatan, Teknologi tepat guna, produksi dan Adminitrasi desa.
Setelah lengkap ke 25 anggota kami, kami segera menuju ke balai desa untuk ijin dan menemui ibu lurah.
Sempat di abadikan di bawah ini mrgreen

mg-85702-fileminimizer.jpg

(Dari kiri ke kanan)
Baris atas : julian,wahyu,aku (ciiyee),alaudin,andrew,tiyo
Baris tengah : hanny,meta,budi,desy,selly,fenda,amel,restu,rere
Baris bawah : ganda,dewi,westy,dety,nova,bu sumarmi (lurah),tya,arista,vivi,tisa,dzikri


Singkat waktu pada besoknya kami langsung menuju kantor masing2 untuk mengerjakan program kerja.

divisi kesehatan ke posyandu untuk sosialisasi macam2, sikat gigi dll
divisi produksi tetap di rumah, soalnya proyeknya masak2 bikin produk makanan.
divisi teknologi tepat guna juga di rumah mengerjakan pembuatan mesin pemisah minyak dari keripik yang disebut alat spinner.
divisi adminitrasi desa menuju balai desa untuk membantu staff2 disana
dan devisi saya yaitu pendidikan menuju kantor kami yaitu SDN 1 Ngrimbi untuk mengajar dan menyalurkan ilmu (eeaaa) mrgreen

Berikut beberapa moment yang sempat di abadikan :

img-2169-fileminimizer.jpg
Kedatangan kami disambut upacara seluruh siswa

img-20140211-wa002-filem.jpg
Divisi pendidikan lagi di kantor guru, aku guru cowo satu2nya razz

Begitu juga kegiatan rutin di hari2 berikutnya, divisi pendidikan setiap hari mengajar di SDN 1 Ngrimbi.

img-2178-fileminimizer.jpg
Ini aku lagi ngajar kelas 3, pelajaran PKN kalo ga salah..

img-2182-fileminimizer.jpg
Ini waktu sebelum kegiatan cerdas cermat kelas 5 dan 6


Setiap hari bertemu lama lama adek2 murid dan kami cepat menjadi akrab, bahkan setelah adek2 ini pulang dari sekolah mereka main ke rumah tempat tinggal kelompok kami,
img-20140216-wa008-filem.jpg
Ini di depan rumah, yang pake almamater tisa sama aku.
dari kiri ke kanan : dafi,edo,lupa razz ,widya,fitri,indri,nisa


Ini sedikit foto dari tempat tinggal kami di sana,
img00847-20140210-13551.jpg
Tampak depan, di rumah yang nampak ini adalah tempat kami ber 25 makan bersama,tidur bersama (tp kamar cewe cowo beda looh), ngopi bersama, maen remi bersama mrgreen udah kayak keluarga deh pokoknya.

img00845-20140210-1055-f.jpg
Tampak belakang, Kamar mandi out door tanpa atap,
jadi kalo butuh kamar mandi lebih milih lari ke kamar mandi balai desa, dari pada diliatin burung yang lg terbang.

Hari demi hari kami menjalani kegiatan2 kami dengan menyenangkan,
Sampai akhirnya pada malam tgl 13 sekitar jam 9-10 malem, lagi enak2 nya tiduran terdengarlah bunyi BuuuUUUmm..
Sontak beberapa dari kami yang belum tidur kaget, lalu kami membuka pintu dan melihat keluar rumah , Astaga hujan Abu !,
Gunung kelud meletus Meeenn !
dan kami sedang berada di jombang yang berbatasan langsung dengan kediri.

Langsung kami dengan cepat mengangkat jemuran dan berdiam diri di dalam rumah hingga pagi.
Pada pagi harinya hujan abu belum reda, aku melihat keluar rumah semuanya serba putih, sereemm, rombongan bebek2 pun yang biasanya cokelat pun jadi putih.
seketika masker yang di bawa devisi kesehatan menjadi laris.

Hari ini tgl 14 februari hari jumat dan Valentine day, kami mendapat hadiah special yaitu abu vulkanik.
Tapi selain itu aku juga mendapat hadiah special dari adek2 kelas 6, Liat nihh mrgreen ..
130220141911.jpg
Ternyata jadi guru cowo satu2 nya jadi banyak fans nya hhe.
Tebak apa isi kado ini?
Setelah aku buka, yaaakk ternyata isinya cokelat.
Tapi Biskuat rasa cokelat  frown.png
Ga apa laah yang penting makna nya, hhe, bagi adek2 disana jajanan seperti ini udah termasuk mewah looh bagi mereka.. Jadi aku thanks banget biggrin

Sore harinya setelah semua kegiatan hari itu tuntas kami mendapat kabar dari surabaya,tepat nya dari kampus kami UPN veteran jatim, bahwa "Seluruh mahasiswa yang tengah melaksanakan KKN di Jombang ditarik atau di pulangkan secepatnya", karena pihak kampus tidak akan bertanggung jawab apa bila terjadi sesuatu pada kami, soalnya ada kabar bakal terjadi letusan susulan dan gempa.
Mendengar kabar itu kami semua jadi lemas, karena harus meng akhiri kebersamaan kami di dalam rumah ini dan kebersamaan kami dengan adek2 SDN 1 ngrimbi yang sudah seperti keluarga,
kegiatan kami yang seharusnya 2 minggu hanya sampai 1 minggu saja.

Namun terpaksa kami patuhi perintah kampus, Benar juga.. orang tua kami di rumah juga pasti khawatir.

Besoknya yaitu tgl 15 februari adalah hari yang berbeda ,dengan kegiatan berbeda dari hari2 sebelumnya.
Kami memusatkan kegiatan kami hari itu untuk berpamitan, ke posyandu,balai desa, dan sekolah.
Kami divisi pendidikan berpamitan pada adek2 di setiap kelas dan kantor guru dengan kata2 yang berat.
Kalo ga percaya sampe ada acara nangis2 nya juga meeenn!, biasalah anak cewe. Tapi admin enggak, kan macho...cool.png

img-2186-fileminimizer.jpg
Ini foto devisi pendidikan berpamitan pada guru2 SDN Ngrimbi 1.


img-2160-fileminimizer.jpg
Dan teman2 lainnya yang sudah selesai menuntaskan tugas terakhirnya menyempatkan diri mengunjungi Posko bencana longsor di dusun kopen dan memberikan sembako yang kami bawa sebelumnya.

Malam harinya semua anggota kami masing2 packing untuk pulang, mengemasi semua barang2 nya. malam itu malam terakhir kami tidur di rumah ini, karena besok semuanya sudah harus pulang.

Pada pagi harinya semua sudah bangun pukul 7,  bus penjemput tiba jam 9 dan langsung membawa kami pulang, kecuali 6 orang dari kami yaitu anak2 pioner.

Lagi2 kami harus membersihkan rumah terlebih dahulu sebelum ditinggalkan.
tapi kali ini kami mendapat bantuan dari adek2 kami, tepatnya murid2 ku tersayang mrgreen ,  Awalnya mereka datang untuk mengajak bermain, tapi karena melihat aku dan teman bersih2 mereka jadi ikutan , nyapu dan ngepel, bakar sampah dll.

imag0166-fileminimizer.jpg
Setelah capek bersih2 kami mengajak adek2 makan bersama kami, setelah itu kami ber 6 langsung menyusul teman2 kami untuk pulang ke surabaya.

Ini foto terakhir aku dan adek2
imag0162-fileminimizer.jpg
dari kiri ke kanan : widya,aku,nisa,fitri,indri


img00879-20140214-14321.jpg
Ini fotoku terakhirku di SDN 1 ngrimbi, tepat setelah berpamitan ke adek2 dan guru,
Tulisan Miss di atas abu vulkanik kelud, Sebagai tanda bahwa aku akan selalu merindukan suasana disana, di desa Ngrimbi, dengan orang2 nya yang ramah, anak2 nya yang lucu dan alam nya yang indah.

Walaupun Kami datang di sambut bencana tanah longsor, dan pulang di usir bencana gunung meletus ,ini semua tetap terasa menyenangkan, Kami merasa mendapatkan kenangan dan pengalaman yang tak terhingga dan pastinya tidak akan pernah kami lupakan.
Big thanks for desa Ngrimbi. biggrin.png

Para Perindu Api

Posted by my name is Mirza on 03:07 PM, 12-Jan-14  •  Comments (6)

ThumbnailPARA PERINDU API Bak arzak nan permai Padu dengan langit Selaras dengan terik Hijau, Biru, Jingga hamparan negeriku Lentera cantik nan syahdu Hendak daku metafora kan segala di hadapan mata Tentang tanah nirwana Tanah nan berani Tanah yang kadang sendu bagai tak bertuan Siapa saja sampaikan salamku pada sauh yang berlabuh Lambaian daun kelapa ini di tepian senja gemilang Dan dermaga nan teduh ini tempatku terduduk memandang jauh Memadu hati dengan sang pertiwi   Disinilah... [Read More]

Lirik : Album 8 SID, All English.

Posted by my name is Mirza on 02:28 PM, 30-Oct-13  •  Comments (8)

ThumbnailIni aku share lirik2 terbaru SID album Sunset di tanah anarki, Tapi yang bahasa inggris doang yaa, yang indonesia apalin sendiri.. hhe -------------------------------------------------------------------------------------------- FOREVER LOVE INSANE I bleed you bleed with me, I cried for a thousand rose We walked the diamond dream, let me hold you tight! Dead flowers in the dark, keep searching for the light, sometime it stays in black I will not move... [Read More]

Catatan : Restaurant Solaria Haram ?

Posted by my name is Mirza on 09:15 AM, 15-Sep-13  •  Comments (7)

ThumbnailTerus terang saya juga cukup tercengang membaca berita ini. Seperti yang kita ketahui, restauran yang bernama SOLARIA ini telah tersebar di segala penjuru kota. bahkan cukup poouler di kalangan anak muda. Beberapa teman yang saya kenal juga pernah menyatakan pernah makan dan minum di sana, baik bersama keluarganya ataupun sama pacarnya, bahkan mereka terkesan bangga menceritakannya, sebab anggapan merka makan di tempat... [Read More]

" Nama "

Posted by my name is Mirza on 03:23 PM, 02-Sep-13  •  Comments (3)

Thumbnail" NAMA " Nuansa biru rajahi hingar bingar hati ini Ibarat sebuah buku,engkau lah yang tertulis,dihapus, dan di tulis lagi. Supaya tersembunyi segala narasi sejati tentang diri mu. Ajarkanlah aku tuk membaca sejarah mu. Adalah cantik ketika kejujuran berpadu binar mata mu. Ulurlah waktu, agar cukup lama ku bisa memandangnya. Laksana matahari yang terbit dari wajah mu,wangi nya terurai dampingi masa ku. Indah bak merpati di malam petaka. Andaikan... [Read More]

Mindset : Yakin Negeri Ini Merdeka ?

Posted by my name is Mirza on 08:01 AM, 17-Aug-13  •  Comments (19)

ThumbnailMerdeka.. merdekaa. ..merdeka.. Itulah yang seringkali saya dengar keluar melalui mulut tweet maupun status fb manusia di negeri ini setiap menjelang 17 agustus. Mereka kira mereka mengerti apa itu merdeka. Yang mereka tau hanya ikut2an euforia sana sini, sedangkan manusia negeri ini yang mengerti esensi dari merdeka yang sebenarnya mungkin persentasenya cuma 10 % saja. dan 90% sisanya menyuarakan kata Merdeka dengan... [Read More]

" Dara Seberang Dunia "

Posted by my name is Mirza on 04:22 PM, 13-Aug-13  •  Comments (14)

ThumbnailDARA SEBERANG DUNIA Tak dipungkiri. Kaulah kontradiksi batin terdalam. Kacaukan lalulintas kepalaku. Terbelilah seluruh akal sehatku oleh mu. Di satu sisi kamu lah serambi kiri jantungku. Pemompa kedamaian dalam setiap nafas. Arzak di setiap ujung nadi. Namun manis.. Di sisi lain kau menjelma ratu angkara. Seteru sisi putih diri ku. Kau mahkotai materi. Pukul mundur ketulusan. Tikam mati kesetiaan. Dunia ini sedang tidak baik baik saja. Mesin bumi pun senyap berderu. Ratapi gugur nya sang tulus. Yang... [Read More]